Selamat Datang di Perjalanan Blogging Saya!

Welcome to Fian Fain Blog

Hai sobat Fian! Selamat datang di blog saya, Fian Fain. Terima kasih telah mengklik artikel pertama saya di blog ini. Entah karena sengaja, kepo, nganggur ataupun faktor lain, saya tetap berterima kasih banyak, karena tidak semua orang bisa peduli terhadap sebuah artikel yang dibuat oleh seseorang.

Dari kata-kata saya di atas itu, memang fakta sob. Orang akan mencari artikel yang mereka butuhkan dan terkesan menarik bagi mereka untuk dibaca. Tapi, meskipun sudah dibuka artikelnya belum tentu orang tersebut akan membaca artikel secara keseluruhan. Biasanya langsung poin-poin yang dicari oleh orang tersebut. Padahal ada manfaatnya yang penting dalam membaca keseluruhan artikel, yakni kita bisa tahu mungkin risikonya sebelum melakukan langkah-langkah, atau hal-hal penting lainnya. Misalnya aja seperti ini, ada orang ingin HPnya ganti rom (custom rom), lalu dia browsing dan menemukan artikel yang cocok bagi dia. Diapun langsung lihat poin-poinnya, bahan-bahan oke sudah didownload lengkap lalu langsung dieksekusi, berhasil tapi ia baru sadar kalau belum backup data. Lalu ia mencoba baca tulisan sebelum masuk bahan-bahan, ternyata sudah diingatkan oleh penulis artikel bahwa jangan lupa untuk membackup data, diapun menyesal. Yahh sadboy:'v . Semoga sobat Fian tidak sampai lupa seperti itu ya, wkwkwk.

Biasanya teman-teman banyak yang tanya: Punya blog isinya apaan? Udah dapet hasilnya (uang)? Nah pertanyaan seperti itu saya biasanya semangat banget jawabnya. Saya berharap bisa jadi ajang promosi blog ke teman-teman, wkwkwk. Saya dulu pernah punya blog tahun 2013-2014. Ya asal buat aja sih karena belum paham apa-apa tapi udah sok-sokan ngutak ngatik template blog yang pakai bahasa HTML, wkwkwk. Sampai-sampai saya masih menyimpan sebuah file dokumen yang isinya adalah kode HTML untuk membuat menu dropdown pada blog, dapetnya copas dari blog orang entah siapa.

Dulu saya buat banyak blog di platform yang berbeda, antara lain di Blogger, Wordpress, 123website.co.id, mywapblog, dll. Terus sempat vakum ngeblog karena proses migrasi dari SD ke SMP, lalu bangkit lagi ketika kelas 2 SMP (kelas 8) tahun 2016 tepatnya pas udah semester 2. Awalnya saya itu gamers Clash of Clans tingkat maniak, dimana setiap waktu gak bisa hidup kalau gak buka game COC. Sampai musibah menimpa saya yakni HP saya baterainya bocor. Saya beli baterai baru tapi malah IC Chargernya rusak. Yahh sadboy:'v . Sayapun berpikir gimana caranya saya main game kalau keadaan seperti ini? Akhirnya saya terpaksa menjual beberapa akun COC untuk bisa membeli HP baru. Dengan tambahan uang dari orang tua juga akhirnya saya bisa membeli HP baru. Ya walaupun bukan HP mahal yakni Smartfren Andromax Es, waktu itu saya beli harga barunya skitar 750 - 850rb rupiah langsung di galeri Smartfren cabang Madiun. Mulai dari HP baru itulah saya berpikir gimana caranya dapat uang? Saya membayangkan kalau buat akun game lagi lalu dijual gitu terus siklusnya malah kelamaan dan takut kalau rusak lagi HPnya malah jadinya dapat uang untuk beli HP doang-_- . Waktu itu saya lagi main youtube dan lihat base dan attack war COC. Saya juga sempat menemukan sebuah postingan di facebook yang membahas tentang penghasilan dari YouTube. Lalu saya berpikiran, "Kenapa gak main game terus direkam nanti diupload ke YouTube ya?". Sejak saat itulah saya mendirikan channel YouTube yang namanya 'Fian Nolima'. Fian diambil dari nama saya dan Nolima itu nomor absen saya waktu kelas 8 yaitu nomor 05. Kerennya sih baru ngeblog 5 bulan tapi udah diapprove, padahal kalau saya baca di ketentuannya google adsense, setidaknya kita harus aktif ngeblog selama 6 bulan. Ya mungkin udah dianggap 6 bulan kali ya sama googlenya, wkwkwk. Domain yang saya gunakan pun gratisan dari freenom. Terus akhir 2016 saya pertama kali beli domain berbayar (jelaslah kalau gratis ngapain beli) di IDCloudHost, salah satu host penyedia domain di Indonesia. Saya dulu beli domain dot id (.id) seharga 40rb an karena waktu itu lagi ada promo, lalu registrasi dan aktivasi domain pakai KTPnya bapak saya karena saya dulu belum punya KTP:v . Punya hobi baru malah mulai jarang ngeblog:( Akhir 2016 lalu saya melihat teman saya sedang bermain sebuah mainan kotak-kotak yang bisa diputar dan diacak warnanya, namanya yaitu rubik kubus. Saya tertarik untuk belajar solving rubik's cube hingga akhirnya saya beli rubik 3x3 pertama di Lazada. Dulu saya beli yang murah seharga 25rb dengan alasan, "murah gpp toh cuma buat belajar aja.". Eh kok waktu terus berjalan saya malah ketagihan beli rubik, rasanya jadi konsumtif gitu, alasannya pengen ngoleksi tapi tetep berusaha belajar pengen bisa solvingnya termasuk fast solvingnya. Terus setelah UN SMP saya dikasih tau info kalau ada kompetisi rubik di Blitar, diadakan pas bulan puasa. Saya berangkat bertiga bareng Dobleh, Jamal, Kabur, wkwkwk :v . Eh bukan mereka tapi Farid dan Fauzan. Dulu sempat ngakak sih aku kira nama kompetisinya Blitar Cube Fasting itu fastingnya dalam arti kecepatan/cepat. Eh ternyata artinya puasa xD . Hadehh, wkwkwk. Btw kompetisi pertama itu saya belum dapat juara, temen saya Farid dapat juara 2 kategori rubik Square-1. Seiring berjalannya waktu, semenjak pertengahan 2017 migrasi dari SMP ke SMA, saya malah tambah jarang banget buka dashboard blogger. Akhirnya setelah bisa cair pendapatan Google AdSense pertama saya pada November 2017 (Alhamdulillah xD), saya mulai vakum dari dunia blogging yang berdampak pada akun Google AdSense saya yang saya jual pada bulan Maret 2018:( Lama juga ya saya mencairkan penghasilan dari AdSense. Karena saya nggak terlalu serius/nggak terlalu fokus ke blogging, kecuali kalau saya nganggur/nggak sekolah, mungkin waktu itu bisa tiap bulan cairnya, huehehe. Ya maaf kalau dipikiran sobat membandingkan saya dengan orang lain yang sukses tiap bulan cair meskipun masih sekolah. Tak perlu dibandingkan, cara tiap orang pasti berbeda. Yang penting saya bersyukur pernah dapat penghasilan dari ngeblog dan ngeyoutube. Dan saya mulai ingin kembali ke dunia blogging ketika kelas 2 SMA semester 1. Tapi entah kenapa sepertinya saya tidak niat untuk ngeblog, tidak seperti dulu lagi. Apalagi tugas-tugas di SMA lebih banyak daripada waktu SMP yang buat saya jadi gak rutin ngeblog. Tapi waktu itu saya mencoba-coba shortlink dari postingan salah satu teman saya di facebook. Sebenernya saya udah lama pakai shortlink, dulu pakai adf,ly pas di blognya Fian Nolima, tapi cairnya lama banget, ternyata pas udah tak pelajari, payout ratenya adf.ly itu rendah banget, pantesan lama. Dulupun hasil shortlinknya masuk ke akun paypal saya, terus saya iseng-iseng beli rubik pyraminx di ebay,com, untung gratis ongkir, wkwkwk. Rubiknya nyampai 1 bulan lebih, tapi gamasalah sih soalnya itu dollar dapet dari shortlink jadi berasa gak ngeluarin uang padahal tiap beli paketan abisnya lebih dari harga rubik itu, wkwkwk.

Nah pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk kembali bangkit ngeblog dan ngeyoutube seperti dulu tapi dengan niatan yang Insya Allah baik. Ya harapan saya blog ini bisa berkembang dan maju, intinya lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. Kenapa sekarang pengen balik ngeblogging kesekian kalinya? Kan bentar lagi ujian nasional, persiapan masuk kuliah? Well, saya mencoba untuk mempersiapkan diri lebih awal untuk soal blogging ini. Rencana saya ingin melanjutkan studi ke jenjang kuliah jurusan Informatika. Untuk universitas/institutnya masih fleksibel, saya belum bisa menentukan pastinya sampai saya mengetik kata ini :v , tapi untuk list tempat kuliahnya saya udah ada pertimbangan. Lalu apa hubungannya ngeblog sama informatika? Mungkin tidak terlalu banyak berhubungan tapi setidaknya bisa belajar sedikit-sedikit bahasa pemrograman salah satunya yakni HTML. Untuk persoalan ujian sekolah, ujian sekolah, dan mungkin utbk, saya berusaha untuk bisa membarenginya sama blog ini. Semoga bisa:v .

Kenapa ambil nama Fian Fain? Karena Fian itu nama saya dan Fain adalah kebalikan dari huruf tengahnya Fian. Huruf i dan a dibalik menjadi Fain. Hal ini saya terinspirasi dari teman sekelas saya yang punya nickname game Mobile Legends, namanya Puan tapi nicknamenya di game Paun, wkwkwk. Lehh uga idenya:v

Oke demikian artikel pertama saya tentang Selamat Datang di Perjalanan Blogging Saya! Semoga apa yang saya sampaikan ini tidak dianggap menyia-nyiakan waktu sobat karena sobat sudah terlanjur mengklik dan membaca artikel ini entah secara keseluruhan ataupun langsung ke akhir postingan, wkwkwk. Terima kasih sobat, sampai bertemu di artikel selanjutnya.
Fian Fain
Fian Fain You can call me Fian or Fain, O.K. ?!

Posting Komentar untuk "Selamat Datang di Perjalanan Blogging Saya!"